Ferdinand de Saussure

Andre Martinet



Who are they?

(I cannot find the profile of both of them, yet.)



Monday, February 16th, 2004.

Road to be a Master of Linguistics



<catatan dari perpust UGM>



Sebenernya tadi gw mo baca dulu buku karangan Andre Martinet (ternyata ada

juga ya... Andre yang jadi orang terkenal, nular ke gw ga ya...?) yang judulnya

Elements de Linguistique Generale, yang diterjemahin sama Rahayu Hidayat dengan

judul "Ilmu Bahasa: Pengantar". Cuma setelah baca beberapa halaman, kok kayaknya

otak gw belum connect sama mata ya... (not connected, system failure). So...

mata terus baca, tapi kok ga ada yang nyangkut? percuma khan?

Knapa ya...? Ato mungkin lagi ada yang gw pikirin..., tapi apaan?

Apa yah... yang jelas sih dari tadi kebayang KRS gw yang mao gw rubah.

Soalnya ada mata kuliah yang salah ambil. (info: gw yang ngambil LINGUISTIK,

ngikutin mata kuliahnya Angga (SASTRA) dan Soleh (FILOLOGI), (Jaka Sembung beli

kedondong harganya murah) ya jelas ga nyambung dong ah...!). Cuma masalahnya...

katanya terakhir perubahan KRS itu hari Sabtu, kemaren! Nah Loh !!! Berarti khan

gw telat dan berarti gw harus ngejalanin kuliah yang ga perlu ataw malah

alternatipnya, mata kuliah itu ga usah gw urusin (ga ikut kuliahnya dan juga ga

ikut ujiannya)



This is Sunday.

Is this Sunday?



Ini hari Minggu.

Ini hari Minggu?



yang gw dapet dan kayaknya penting adalah ini:

"Bahasa adalah sebuah alat komunikasi untuk menganalisis pengalaman manusia,

secara berbeda di dalam setiap masyarakat, dalam satuan2 yang mengandung isi

semantis dan pengungkapan bunyi yaitu Monem.

Pengungkapan bunyi tersebut pada gilirannya diartikulasikan dalam satuan2

pembeda dan berurutan, yaitu Fonem, yang jumlahnya

tertentu di dalam setiap bahasa, yang kodrat maupun kesalingterkaitannya berbeda

juga di dalam setiap bahasa." <dari buku yang lagi gw baca, hal 32.>



# Ini Ibu Budi, bukan Ibu Iwan. #



ada Fonem / i / sebanyak 6 kali

ada fonem / n / sebanyak 3 kali

ada fonem / b / sebanyak 4 kali

ada fonem / u / sebanyak 4 kali

ada fonem / a / sebanyak 2 kali

dan  ada fonem yang berbeda sebanyak 3 buah yaitu / d /,  / k /,

dan / w /.



ada Monem Ibu sebanyak 2 kali, jadi ada 6 monem berurutan, tapi hanya

5 monem yang berbeda.



[the end for this session.]